RSS

Pesona Pulau Komodo

Pulau Komodo masuk dalam kawasan taman nasional di paling ujung barat Nusa Tenggara Timur. Keindahan pulau ini sudah terkenal seantero nusantara.Tidak hanya sebagai tempat hidup hewan purba, keindahan bawah laut komodo juga banyak sekali menyimpan keindahan. Bahkan, dunia juga menyatakan bahwa laut di Pulau Komodo menjadi salah satu spot penyelaman yang bagus.

Lautnya yang jernih, terumbu karang yang berwarna-warni, dan kekayaan biota laut, itulah yang akan Anda temui di bawah lautnya. Lokasi yang juga menjadi salah satu dari tujuh keajaiban versi New7wonders ini juga memiliki alternatif pilihan wisata lain, seperti hiking, snorkeling atau sekadar duduk santai di pinggir pantai.

Nah, wisatawan yang ingin menuju Pulau Komodo, harus transit di Denpasar, Bali. Kemudian kembali melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat Trigana Air atau Merpati ke Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo.Banyaknya informasi membuat pulau ini sangat terkenal dikalangan wisatawan asing. Makannya, jangan heran bila Anda sering melihat turis asing yang wara-wiri di pulau ini.
Berikut adalah pesona di P. Komodo:

1. Loh Liang di Pulau Komodo

Inilah pintu masuk dan daerah wisata utama di Pulau Komodo. Jika Anda telah puas berkeliling di Pulau Komodo hingga Pulau Rinca, Anda mungkin tertarik untuk menyelam dan snorkeling di Pantai Merah (Pink beach). Pantai ini dangkal, memiliki pesona indah dengan terumbu karang yang memikat hati.Di pantai ini, aktivitas yang paling sering dilakukan adalah snorkel, diving, hingga berjemur. Di Loh Liang inilah tersedia pondok wisata, pusat informasi, cafetaria, dermaga, shelter, dan lainnya yang akan Anda perlukan sepanjang menikmati wisata di Pulau Komodo.

2. Loh Buaya di Pulau Rinca



Sebagai bagian yang membentuk Taman Nasional Komodo, Anda juga dapat menjumpai hewan komodo dalam habitat alami mereka. Selain itu, Anda dapat menyaksikan kehidupan hewan liar di wisata pulau yang satu ini. Mulai dari rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, kuda liar, hingga berbagai jenis burung. Aktivitas berkeliling adalah kegiatan yang paling menarik dilakukan di Pulau Rinca. Mengabadikan momen-momen unik di pulau ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan selama berkeliling.
Tak jauh berbeda dengan Loh Liang, di tempat ini juga terdapat sejumlah pondok wisata, cafetaria, dan shelter siap melayani Anda. Dari Pulau Rinca, hanya dalam jarak yang dekat Anda dapat sampai ke Pulau Kalong untuk melihat kelelawar dalam jumlah yang besar, terlebih saat sore hari karena hewan ini mulai mencari makan.

3. Pulau Padar



Pulau Padar terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Inilah tempat diving dan snorkel di Taman Nasional Komodo dengan keindahan pantai yang mengagumkan.Bagi Anda para pecinta diving dan snorkel, terdapat 42 spot penyelaman yang dapat Anda pilih di kawasan wisata Komodo ini. Beberapa di antaranya adalah misalnya, Batu Samsia, yang  digambarkan sebagai serangkaian saluran air di mana seseorang dapat bergaul dengan segala macam kehidupan laut seperti mackerel, kura-kura, hiu, dan sebagainya. Ada juga Batu Toko-Toko, sebuah istana seperti batu di kedalaman 7 meter dengan sensasi menyelam yang seru. Atau, Kristal Rock, sebuah spot diving di mana Anda dapat menjumpai ikan-ikan besar, misalnya Barramundi cod, parrotfish, katak ikan, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar